26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

Kembangkan Potensi Desa, Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram Lakukan Sosialisasi dan Pelatihan Inovasi Produk Olahan Ikan Tuna

Lombok Timur, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (Unram) Desa Batu Nampar Selatan melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan ikan tuna.

Desa Batu Nampar Selatan merupakan salah satu Desa di Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur yang terletak di pesisir pantai, dengan sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai Nelayan dan Pembudidaya. Sehingga penghasilan masyarakat hanya mengandalkan hasil laut yang didominasi ikan jenis tuna sebagai pendapatan utama.

Namun para nelayan lebih banyak menjual langsung ke penadah atau pengepul, dan harus mengikuti harga yang berlaku di pasaran yang tidak sebanding dengan harga yang ditetapkan nelayan, sehingga ikan-ikan yang didapatkan ada yang tidak laku dan hanya bisa dikonsumsi mentahan tanpa olahan.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Mahasiswa KKN Unram menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan ikan tuna pada Rabu (12/1), bertempat di balai pelatihan dan dihadiri oleh para kader desa dan anggota masyarakat umum, yang terdiri dari ibu rumah tangga dan pelaku UMKM.

Dalam kegiatan tersebut, disosialisasikan dan dilakukan pelatihan pembuatan nugget ikan tuna secara langsung oleh Mahasiswa KKN Unram di Desa Batu Nampar Selatan.

Nugget ikan tuna merupakan produk yang dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama dengan dibekukan, sehingga tidak mudah rusak. Selain itu nugget ikan tuna juga berigizi tinggi dan tidak mengandung zat pengawet serta zat kimia berbahaya lainnya.

Seletah melihat potensi kekayaan laut yang dihasilkan nelayan, mahasiswa KKN Unram berharap paling tidak, dapat menyelesaikan satu dari sekian banyak masalah yang dihadapi masyarakat Desa Batu Nampar Selatan yaitu melalui produk olahan ikan tuna yang berupa nugget ikan tuna.

“Kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan ikan tuna dilaksanakan setelah melihat potensi Desa Batunampar yang sangat tinggi hasil lautnya,” terang Basyisar Arga, mahasiswa KKN Unram sekaligus ketua panitia dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi Desa Batu Nampar Selatan, yang hasil lautnya sangat melimpah agar dapat dijadikan suatu produk yang bernilai tinggi, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sebagai pelaku usaha,” jelasnya lebih lanjut.

Antusiasme para peserta semakin terlihat ketika mahasiswa KKN Unram mempraktikkan secara langsung pembuatan nugget ikan tuna. Bahkan, beberapa peserta langsung mencoba mempraktikkan sendiri ketika pelatihan sedang berlangsung.

Mahasiswa KKN unram juga mencontohkan bagaimana pengemasan dan pelabelan produk ikan tuna yang sudah dibuat.

Peserta yang hadir mengungkapkan ketertarikannya untuk mencoba membuat nugget ikan tuna secara mandiri.

“Bahan-bahannya mudah ditemukan dan cara membuatnya juga tidak sulit”, ujar Nurhasanah, salah satu peserta pelatihan.

Sekretaris Desa Batu Nampar Selatan, Suhardi berharap melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini, masyarakat dapat mengolah hasil laut sebagai sumber ekonomi.

“Besar harapan melalui kegiatan sosialisasi dan pelatihan inovasi produk olahan ikan tuna, produk nugget ikan tuna dapat dikembangkan oleh para pelaku UMKM ataupun menjadi usaha baru bagi masyarakat yang ingin membuka usaha, khususnya di Batunampar Selatan,” Jelasnya.

Menjelang akhir kegiatan, para peserta dibagikan produk nugget ikan tuna yang dibuat bersama selama kegiatan berlangsung. (ZHR/ADV)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles