24.5 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

Keren, Mahasiswa Unram ubah Tanaman Liar Jadi Produk Pangan

Unram, MEDIA – Kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan (PKM-K) Unram, Famina Brighters berhasil menciptakan produk pangan inovatif berupa mie instan daun bebele dengan brand minstanbel.

Program dengan judul “Mie Instan daun bebele sebagai inovasi produk pangan fungsional guna meningkatkan daya kognitif” tersebut diciptakan kelima mahasiswa dari berbagai cabang keilmuan; Izza Mufida dari pendidikan dokter, Ena Setiawan dari prodi matematika. Kemudian, Mukminah dari prodi ilmu tanah, Farida Rukmi Dewi dari prodi teknik sipil, dan Yuspia Amalia prodi Hubungan Internasional (HI).

Dalam perjalanannya, mereka dibimbing dosen pengajar di prodi pendidikan dokter Fakultas Kedokteran (FK) Unram, dr. Seto Priyambodo, M,Sc.

Minstabel merupakan produk pangan yang berbahan dasar bebele dalam Bahasa Lombok berarti pegangan atau centella asiatica.

Tumbuhan bebele (dalam bahasa Lombok) adalah nama lain dari pegangan atau centella asiatica. Bebele sendiri termasuk tanaman liar dan menjadi gulma pada tanaman pertanian, seperti jagung, padi, dan lainnya.

Sejumlah penelitian menunjukkan, bebele memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari jahe merah maupun temulawak. Aktivitas antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas, sehingga mampu memperkuat otak, meningkatkan daya kognitif termasuk daya ingat, serta menghambat kematian sel saraf otak.

Pengolahan tanaman bebele menjadi mie instan meliputi banyak tahapan. Pertama, mengeringkan daun yang sudah dicuci, kemudian diblender dan dicampur dengan bahan lainnya. Selanjutnya, daun belebe dicetak dan dikeringkan menggunakan airflayer hingga menjadi mie kering.

Selain bermanfaat, mie instan daun bebele ini juga memiliki kelebihan lain, yaitu tidak mengandung Monosodium Glutamat (MSG) dan dalam proses pembuatan tanpa melewati proses penggorengan.

Pihak fakultas dan universitas mengapresiasi inovasi yang diciptakan tim Famina Brighters. Produk Minstabel diharapkan mampu memberdayakan serta mengedukasi masyarakat untuk memanfaatkan tanaman berkhasiat dengan sebaik-baiknya. (in)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles