31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

KKN PMD Universitas Mataram Desa Ketangga adakan Sosialisasi UMKM

Lotim, MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM) adakan Sosialisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di Desa Ketangga, Kecamatan Suela, Lombok Timur, NTB. Jumat, (26/01).

Di Desa Ketangga terdapat 2 kelompok yang sedang menjalankan KKN dari Universitas Mataram. Sosialisasi UMKM ini di adakan oleh kelompok 2.

Kelompok 2 KKN PMD UNRAM menghadirkan Jemy Selfiana Sinlae seorang F&B Consultant, Mentor UMKM for Kemenkraf dan Mentor Inkubasi Bisnis Brida NTB, sebagai Pemateri dalam Sosialisasi tersebut.

Materi dibawakan selama 2 jam dengan membahas tentang bagaimana cara membantu membangun sebuah usaha, menentukan ide usaha, melakukan riset pasar,membuat rencana bisnis, mencari modal, dan mengembangkan sebuah usaha.

“Percuma mempunyai skill yang selalu diasah tetapi tidak berani untuk mencoba”. ujar Selfiana selaku pemateri.

Pemateri juga menyampaikan kewirausaahan adalah sesuatu yang dapat diambil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk memulai sebuah usaha kita perlu melakukan berbagai persiapan diantaranya: menentukan ide usaha, membuat riset pasar, membuat rencana bisnis, mencari modal dan mengembangkan usaha.

Dalam sambutannya Ketua Kelompok 2 KKN PMD Desa Ketangga yaitu Adil Agustiawan, mengatakan bahwa ini adalah salah satu program kerja kelompok KKN yang ingin menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat dalam mengolah hasil pertanian.

“Sosialisasi ini adalah salah satu Program Kerja Kami dan tujuan kami mengadakan sosialisasi UMKM ingin menumbuhkan semangat wirausaha masyarakat dalam mengolah hasil pertanian”. Ucapnya.

Sosialisasi UMKM ini diadakan pada hari Sabtu, 20 Januari 2024 yang diadakan di Aula Kantor Desa dan dihadiri oleh 30 orang peserta yang terdiri dari staff desa, kepala dusun, para ibu kader, serta pemuda/I Desa Ketangga.(albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles