26.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Loyok adakan Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Zero Waste

Lotim, MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM) mengadakan sosialisasi terkait dengan pengelolaan sampah organik dan anorganik di Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Rabu(24/01).

Program ini merupakan salah satu program utama dari mahasiswa KKN PMD UNRAM Desa Loyok dengan melakukan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Lombok Timur, Duta Lingkungan dan Rumah Kreatif Linsi.

Desa Loyok menjadi salah satu desa penghasil anyaman bambu, sehingga sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai penganyam. Hal itulah yang menjadi ide untuk mengolah sampah khususnya sampah plastik menjadi sebuah produk yang bernilai sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya di Desa Loyok.

Kegiatan Sosialisasi dan pelatihan ini dibuka oleh Kepala Desa Loyok, Bapak Samuil Khair, S. Adm dengan harapan kedepannya masyarakat dapat mengelola sampah dengan baik.


“Saya berharap masyarakat nantinya dapat mengelola sampah dengan baik dan mempunyai nilai Ekonomis”. Ucapnya.

Lalu Probobo W.N. selaku ketua Kelompok KKN Desa Loyok mengatakan Bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan lingkungan bersih dengan Pengelolaan sampah.

“Kami harap masyarakat dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah organik maupun anorganik yang bernilai ekonomis”.

Stelah kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pelatih pembuatan Biopori yang melibatkan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK).

Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu, 20 Januari 2024, di kebun percontohan di Desa Loyok Timur yang melibatkan Ibu-Ibu PKK dan Kader-Kader. (Albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles