24.5 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Darmasari, Adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik

Lotim, MEDIA—Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram adakan Sosialisasi dan Pembuatan Pupuk Organik di Desa, Darmasari, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Minggu,(11/02).

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari KKN PMD Desa Darmasari. Kegiatan ini dimulai dengan sosialisasi pupuk organik yang kemudian dilanjutkan dengan praktik pembuatannya oleh mahasiswa KKN-PMD Unram disertai dengan interaksi berupa tanya jawab secara langsung.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk membantu petani dalam pengelolaan pertanian yang ramah lingkungan dan memanfaatkan bahan yang tersedia. bahan utama pupuk organik yang dibuat menggunakan kotoran ternak, Em4 pertanian, mollases, dan sekam serta bahan tambahan yang digunakan adalah abu.

“Pembuatan pupuk ini dapat dilakukan agar kotoran tidak numpuk dan sia-sia karena memang jika dilihat banyak peternak di sini”, ucap Lalu Husnan afif,Ketua KKN Desa Darmasari.

Kepala Seksi Pemerintah Desa juga memberikan apresiasi kepada kelompok KKN PMD UNRAM atas program yang mereka lakukan.

“ini merupakan salah satu program yang luar biasa yang dimiliki oleh adik-adik KKN ini.Dengan adanya program ini, mudah-mudahan kedepannya bisa dimanfaatkan kotoran-kotoran sapi dan kambing yang ada” ungkap, Kepala Seksi Pemerintahan Desa.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat terutama petani dan peternak, salah satunya dengan membuat pupuk organik mandiri sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pertanian lokal dan lingkungan sekitar masyarakatmasyarakat.

kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 3 Februari 2024 yang dihadiri oleh ketua kelompok tani yang ada pada Desa Darmasari, perangkat Desa, serta masyarakat di Kampung Kekalek.(albn)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles