31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Keru adakan sosialisasi Pertanian Rumah Tangga dan distribusi Bibit Tanaman

Lobar, MEDIA—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD UNRAM) Adakan sosialisasi Pertanian rumah tangga dan distribusi 350 bibit Tanaman Holtikultura di desa Keru, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Selasa, (30/01).

Desa Keru terkenal dengan potensi masyarakatnya yang ada di sektor Pertanian, Perkebunan, dan Perdagangan. Hal ini didukung dengan adanya sejumlah kelompok tani yang terbentuk di beberapa dusun yang ada di Desa Keru.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan edukasi dan pemahaman terhadap pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan di bidang pertanian & perkebunan guna mewujudkan Desa pertanian maju dan berkelanjutan.

Kegiatan tersebut menghadirkan Liana Suryanigsih Badrun S.P., MSc. Salah satu dosen fakultas pertanian Universitas Mataram.

Dalam kegiatan ini, Liana Suryaningsih selaku pemateri menjelaskan tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan rumah tangga dibidang pertanian dan perkebunan, manajemen pengolahan limbah rumah tangga menjadi pupuk olahan cair (POC) dan padat (POD), cara membudidayakan tanaman hortikultura/perkebunan yang efektif di lahan pekarangan rumah tangga, dan faktor – faktor yang akan mempengaruhi proses budidaya tanaman hortikultura/perkebunan.

“Daerah Desa Keru sangat cocok dengan potensi yang dimiliki oleh masyarakatya, yaitu dibidang pertanian dan perkebunan, selain di bidang perdagangan. Saya sangat antusias dan berharap melalui sosialisasi ini, masyarakat Desa Keru, Terutama Kelompok – kelompok Tani yang ada, dapat menerapkan pemahaman dan edukasi yang telah diperoleh, guna mewujudkan Desa Pertanian Maju dan Berkelanjutan.” Ucapnya

Ketua Kelompok KKN PMD Unram Desa Keru, I Gede Khanara Arya W, menyampaikan tujuan utama dan harapan dari kegiatan ini adalah membagikan pemahaman dan edukasi tentang budidaya tanaman perkebunan di lahan pekarangan guna meningkatkan potensi sektor pertanian dan perkebunan yang sedari awal sudah dimiliki dan ditekuni oleh masyarakat Desa Keru.

“Kami berharap melalui kegiatan ini potensi sektor pertanian dan perkebunan yang dimiliki oleh masyarakat Desa Keru,” Ucapnya

Sosialisasi ini di adakan pada hari Senin, 29 Januari 2024. Diikuti sekitar 35 orang peserta yang terdiri dari Perangkat Desa Keru, Perwakilan Kelompok Tani di Setiap Dusun yang ada di Desa Keru, Ibu – ibu PKK Desa Keru, Kepala Dusun, dan beberapa Mahasiswa KKN PMD Unram dari beberapa Desa yang ada di Kecamatan Narmada. (Albn/advertorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles