26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

KKN PMD UNRAM Desa Montong Baan, Adakan Pendamping Pembuatan Suplemen dan Pakan Ternak

Lotim, MEDIA—Kuliah Kerja Nyata Pemberdayaan Masyarakat Desa Universitas Mataram (KKN PMD Unram) menyelenggarakan pendampingan pembuatan suplemen ternak yaitu Urea Molases Blok (UMB) dan pakan fermentasi (Silase), di Dusun Batu Mora, Desa Montong Baan, Kecamatan Sikur, Lombok Timur, NTB. Selasa (23/01).

KKN Desa Montong Baan berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Peneliti Pengembang dan Pengabdi Ilmu Peternakan (HMP3IP) Fakultas Peternakan Universitas Mataram dalam pembuatan suplemen dan pakan ternak.

Kegiatan ini tentunya didukung oleh Dosen Pembimbing Lapangan dan Pemerintah Desa yang kemudian disambut antusiasme dari masyarakat setempat.

Urea Molases Blok (UMB) adalah pakan tambahan atau suplemen berbentuk padat yang sangat bermanfaat bagi ternak ruminansia seperti sapi, kambing, dan domba. Silase adalah pakan berkadar air tinggi hasil fermentasi yang diberikan kepada hewan ternak ruminansia.

UMB ini terbuat Molases (tetes tebu), Pupuk Urea, Garam dapur, ultra mineral, dan kapur. Sedangkan Silase umumnya dibuat dari tanaman rerumputan termasuk juga jagung, sorghum, dan serealia lainnya. Silase juga bisa dibuat dari hijauan kelapa sawit, singkong, padi, rami, dan limbah pasar.

Salim salah satu Anggota HMP3IP mengakatan bahwa Bahan pembuatan UMB dan Silase cukup mudah dicari dan harganya juga terjangkau.

“Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan UMB dan Silase ini bisa dibeli di toko dengan harga yang lumayan terjangkau, jadi bapak-bapak nggak kesusahan cari lagi,” Ucapnya.

Pak Jayok mengungkapkan bahwa dengan adanya pendamping pembuatan UMB dan Silase ini sangat membantu para Peternak.

“Para peternak disini kadang capek ngarit tiap hari, jadi dengan adanya UMB dan Silase ini diharapkan bisa membantu meringankan beban warga,” ungkapnya.


Dalam mengatasi keterbatasan pakan guna memenuhi kebutuhan ternak, kegiatan ini menjadi inovasi baru yang ditawarkan oleh Mahasiswa KKN Unram sebagai solusi dari permasalahan yang dialami oleh para peternak di Desa Montong Baan.

Kegiatan ini diadakan pada hari Senin, 22 Januari 2024, di desa Montong Baan, yang di hadiri oleh kepala-kepala dusun, para peternak dan anggota HMP3IP. (Albn/advertorial).

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles