24.5 C
Mataram
Monday, June 17, 2024
spot_img

Lagi, Himasos Mengadakan Olsogi. Kali ini MAN 1 Mataram Jadi Juara

Media Unram – Himpunan Mahasiswa Sosiologi (Himasos) Universitas Mataram (Unram) kembali menggelar Olimpiade Sosiologi (Olsogi). Pada olimpiade ini, MAN 1 Mataram berhasil mendapatkan juara 1 dan mengalahkan 25 sekolah yang ada di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemberian hadiah lomba oleh Dr. Saipul Hamdi S. Pd.I., M.A. (Foto: Tim)

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung UPT Perpustakaan Unram ini diikuti oleh 25 sekolah. Dimana 4 sekolah yang berasal dari luar pulau Lombok atau lebih tepatnya pulau Sumbawa. Sisanya, sekolah yang berasal dari Mataram, Lombok Timur, Lombok Tengah dan Narmada.
Suasana peserta menjelang lomba olimpiade sosiologi (Foto: khn)

Diantara 26 sekolah ini, yang menjadi juara 1 adalah MAN 1 Mataram. Diikuti oleh SMAN 1 Sumbawa yang meraih juara 2 dan SMAN 1 Mataram sebagai juara 3.

Acara tahunan yang kerap dilaksanakan oleh organisasi mahasiswa sosiologi Unram kali ini melibatkan seluruh SMA/sederajat Provinsi NTB. Berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, hanya melibatkan sepulau Lombok saja. “Alhamdulillah ada perkembangan kegiatan ini, dan kami akan terus berusaha agar kegiatan ini semakin berkembang,” ucap Lalu Tsani, yang juga Ketua Himasos. Tsani juga optimis, bahwa olsogi nantinya akan menjadi ajang besar hingga tingkat nasional.

Uniknya, olimpiade sosiologi yang diadakan oleh Himasos ini tidak pernah memiliki juara bertahan. Tiap tahunnya sekolah – sekolah yang mengikuti kegiatan ini, juaranya selalu berbeda – beda. Menurut Tsani, hal inilah yang menyebabkan olimpiade ini memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Tidak hanya itu, olsogi ini juga merupakan salah satu media untuk mempromosikan prodi sosiologi yang ada di Unram kepada sekolah yang ada, khususnya NTB. “Walaupun prodi ini baru berdiri 4 tahun yang lalu, tetapi sudah dua kali mencetak wisudawan/wisudawati terbaik di Unram,” ucap Ketua Prodi Sosiologi, Ir. Syariffudin, M. Si., dalam sambutannya. Orang yang biasa disapa Syarif ini juga yakin bahwa, prodi sosiologi bisa bersaing dan memiliki kapasitas yang sama dengan prodi – prodi yang ada di Universitas Mataram.

Ketua Prodi Sosiologi Unram, Ir. Syariffudin M, Si. saat memberikan sambutan (Foto:Tim)

Dalam acara yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 November 2019 ini, diawali dengan dengan registrasi, kemudian pembukaan yang berisi sambutan – sambutan. Setelah itu, dilanjutkan dengan persiapan dan pelaksanaan olimpiade sosiologi.

Acara selanjutnya, seminar motivasi yang diisi oleh Ir. Saipul Hamdi, S. Pd.I., M.A. yang juga salah satu dosen sosiologi.

Usai melaksanakan seminar, para peserta diberikan waktu untuk istirahat sholat dan makan (ishoma), kemudian mengumumkan 10 dari 25 tim yang lolos untuk melanjutkan lomba debat. (khn)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles