24.5 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Adakan Sosialisasi Pariwisata dan Kewirausahaan Desa Wisata Lenek Ramban Biak

Lotim, MEDIA- Mahasiswa KKN Tematik Universitas Mataram (Unram) yang bertemakan “Desa Tertinggal” mengadakan Sosialisasi Pariwisata dan Kewirausahaan yang ditujukan bagi seluruh masyarakat yang ada pada desa Lenek Ramban Biak, Kecamatan Lenek, Kabupaten Lombok Timur, (13/7) lalu.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Ruang Kelas Yayasan Ikhwanul Muslimin itu menghadirkan dua pemateri dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Mataram .

Ketua kelompok KKN Amir Manggala Putra mengatakan  tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya pengelola Pokdarwis dan BUMDES agar lebih memahami mengenai ecowisata dan pentingnya berwirausaha untuk meningkatkan ekonomi masyarakat lokal Desa Lenek Ramban Biak.

“Melalui Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat kembali membangun wisata kolam maupun wisata alam yang ada di Desa Lenek  Ramban Biak dengan menambahkan beberapa fasilitas yang memadai seperti tempat sampah, taman edukasi sampah, dan beberapa fasilitas lainnya yang dapat menarik minat pengunjung. Karena ketika banyaknya wisatawan yang datang berkunjung maka dapat menjadi peluang bagi masyarakat lokal untuk membuka usaha seperti berjualan di sekitar wisata alam. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat  Desa Lenek Ramban Biak.” Katanya.

Kegiatan Sosialisasi Pariwisata dan Kewirausahaan ini dilaksanakan selama satu hari yakni, pada hari Rabu, 13 Juli dengan agenda penyampaian materi ecowisata dan wirausaha, dan diakhiri dengan diskusi bersama masyarakat.

Terlihat kegiatan sosialisasi ini disambut antusias oleh masyarakat di setiap dusun yang ada di Desa Lenek  Ramban Biak.

”Sosialisasi Pariwisata dan Kewirausahaan ini merupakan kegiatan yang sangat bersifat positif bagi masyarakat, dimana dengan diadakannya sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai kreativitas wisata yang akan dibangun untuk desa wisata  Lenek  Ramban Biak, hal ini dapat membangun  jiwa wirausaha masyarakat local sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.” ujar salah satu pengurus Pokdarwis yang ada di Desa Lenek Ramban Biak. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles