31.5 C
Mataram
Sunday, June 23, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Tematik Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Tepung Mocaf Dari Singkong

Lombok Timur, MEDIA – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik, Universitas Mataram (Unram) di Kelurahan Geres, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur NTB periode Desember 2021 – Februari 2022, terapkan desapreneur melalui pemanfaatan singkong menjadi tepung mocaf yang merupakan sumber daya alam di kelurahan Geres.

Dalam upaya pemanfaatan salah satu potensi alam Kelurahan Geres, Tim KKN Unram menyelenggarakan sosialisasi sekaligus pelatihan pengolahan Singkong menjadi tepung Mocaf (Modified Cassava Flour) pada Jumat (21/01) di rumah kediaman Kepala Lingkungan Geres Daye.

Sosialisasi ini dilakukan karena di Kelurahan Geres terdapat sumber daya alam berupa singkong yang melimpah, sehingga dapat meningkatkan nilai dari singkong itu sendiri. Adapun salah satu produknya adalah tepung mocaf. Tim KKN menjelaskan bahwa tepung mocaf merupakan tepung singkong yang telah dimodifikasi dengan cara difermentasi.

Sesuai dengan tema KKN (Desaprenur), mahasiswa KKN yang diketuai oleh Wiryasri dkk ini melakukan salah satu inovasi untuk mengolah singkong yaitu sebagai tepung mocaf bagi warga di Kelurahan Geres yang juga diharapkan dapat menjadi peluang usaha bagi masyarakat keluarahan Geres.

Sosialiasi dan pelatihan yang tengah diberikan oleh mahasiswa KKN Tematik Unram

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini sangat penting untuk dilakukan sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat setempat. Adapun proses pembuatan mocaf dimulai dengan pemilihan singkong yang baik (tidak busuk), kupas kulit singkong serta bersihkan lendir pada permukaan singkong dengan air dan di gosok-gosok,  potong-potong tipis singkong dengan pisau atau alat pencacah sehingga berbentuk seperti kripik atau chips, selanjutnya rendam dalam air bersih selama 3 hari, ganti air selama 24 jam, kemudian angkat dan tiriskan, jemur chips sampai kering, kadar air 10-12%, lalu tumbuk atau giling chips kering, ayak dengan ayakan ukuran butiran mesh 60 atau 80, yang masih kasar bisa digiling kembali, simpan mocaf dalam wadah plastik yang tertutup rapat dalam plastik berlabel pada kemasan. Mocaf kemudian siap pakai atau dijual.

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan mocaf ini di sambut dengan baik dan antusias oleh masyarakat Kelurahan Geres.

Hasil atau luaran dari kegiatan mahasiswa KKN ( tepung Mocaf ) ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai pengganti tepung terigu. Dan bisa juga menjadi ide bisnis untuk meningkatkan perekonomian di Kelurahan Geres tersebut.

Dalam kegiatan sosialisasi serta pelatihan ini turut serta diikuti oleh perangkat kelurahan dan beberapa tokoh masyarakat di Kelurahan Geres. (Tim)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles