26.5 C
Mataram
Monday, July 22, 2024
spot_img

Mahasiswa KKN Unram Hadirkan Terobosan Melalui Pelatihan Pembuatan Silase

 

Lombok Timur, MEDIA – Mahasiswa Universitas Mataram yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) di Desa Jurit Baru, kecamatan pringgasela. Membuat suatu program dan terobosan yang luar biasa yaitu pelatihan pembuatan silase untuk masyarakat Desa Jurit Baru, Rabu (11/1).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mengingat banyaknya masyarakat desa jurit baru yang beternak hewan, khususnya sapi. “terlebih didesa jurit baru ini masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai pemberian pakan ternak yang benar,” ujar Ermi Iwahyuni selaku penanggung jawab krgiatan.

Ermi Wahyuni menerangkan, bahwa dalam manajemen atau tata laksana pemeliharaan ternak, pakan ternak mempunyai peran yang sangat penting bagi ternak, baik pakan yang berupa bahan organik maupun yang nonorganik untuk kepentingan kesehatan ternak. 

“kualitas pakan dapat menjadi perhatian penting dalam pemberian pakan ternak. pakan ternak yang baik dapat mencukupi nutrisi yang diperlukan oleh ternak itu sendiri. jumlah nutrisi yang dibutuhkan ternak tergantung dari jenis ternak, bobot badan  ternak dan umur ternak,” Lanjutnya.

 Dalam kegiatan tersebut pakan silase yang lebih difokuskan. Pakan silase merupakan salah satu hijauan segar yang bisa menjadi alternatif untuk mencukupi nutrisi pakan ternak dan pengawetanannya melalui proses fermentasi.

Keuntungan dari pakan silase yakni bahan yang digunakan merupakan bahan-bahan yang yang gampang di didapatkan . dengan membuat pakan silase diharapkan masyarakat dapat mengurangi dalam proses penyabitan rumput, yang mulanya dilakukan 3 kali sehari menjadi 1 kali sehari.  

oleh karena hal tersebut, Mahasiswa KKNT Universitas Mataram  Desa Jurit Baru mengadakan pelatihan pembuatan pakan ternak (silase).

Sementara itu Sunarhadi staf resot kembang kuning mengatakan, pakan ternak diberikan 10% dari berat badan. “Saya berharap dengan diadakannya pelatihan ini semoga dapat memberikan pemahaman bagi masyarakat  tentang bagaimana cara pemberian pakan yang baik dan benar” Sambungnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Dusun Selak aik, Desa Jurit Baru, Kecamatan Pringgasela. Turut mengundang narasumber dari pihak UPTD Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kecamatan Pringgasela dan Kecamatan Masbagik. Hamzanwadi selaku narasumber  Acara tersebut mengingatkan masyarakat untuk merubah pola pemberian pakan.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat setempat dan perwakilan dari resort Kembang Kuning TNGR. Ermi Iwahyuni Selaku penanggung jawab dari program ini berharap kegiatan ini bisa berjalan merata di semua dusun desa jurit baru. (Zhr/Advetorial)

 

 

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles