28.5 C
Mataram
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Mahasiswa Prodi Sosiologi FHISIP Unram PKL di BRIDA NTB

Lobar, MEDIA—Mahasiswa Prodi Sosiologi Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (PHISIP), Universitas Mataram (Unram), Praktik Kuliah Lapanga (PKL), di Badan Riset Dan Inovasi Daerah Nusa Tenggara Barat (BRIDA NTB), yang berada di Desa Lelede, Bantu muluk, Kecamatan Kediri, Lombok Barat, NTB.

BRIDA merupakan instansi pemerintah yang berkomitmen untuk mewujudkan NTB Sejahtera dan Mandiri, melalui program-program unggulan dan merangkul masyarakat untuk mandiri dengan berkolaborasi.

BRIDA NTB terdiri atas 9 program dari masing-masing bidang sesuai dengan tugas dan fungsi pokok masing-masing bidang, yaitu Program Beasiswa NTB, Program Broda Shool Academy, Program Edu Wisata, Program Kemitraan, Program Penelitian dan Pengembangan, dan Program Indeks Inovasi Daerah.

Azhari Evendi, S.sos., MA. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Mengungkapkan bahwa banyak manfaat yng didapatkan mahasiswa selama PKL.

“mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah mereka pelajari di bangku kuliah dalam lingkungan kerja nyata”. Ungkapnya.

Azahari evendi juga ini untuk melatih skill individu maupun kelompok dari mahasiswa dalam melakukan sebuah pekerjaan.

“Mahasiswa akan berinteraksi dengan profesional di bidangnya, belajar dinamika kerja timm, serta penngembangan soft skills seperti komunikasi, manajemen waktu, dan pemecahan masalah”.lanjutnya

Adapun selama PKL di BRIDA mahasiswa PKL akan di pecah untuk masuk didalam bidang yang ada di Brida, sehingga ada beberapa kegiatan yang mereka lakukan yaitu:

Petama, Kegiatan Eduwisata BRIDA yang dilakukan setiap adanya kunjungan dari sekolah/universitas. Dalam kegiatan ini mahasiswa di tunjuk sebagai pemandu wisata yang bertugas langsung di lapangan yang membantu tim eduwisata BRIDA dalam memberikan penjelasan tentang prototype permesinan yang ada di BRIDA. Sehingga hal tersebut dapat Mempermudah tim eduwisata untuk menyampaikan penjelasan tentang prototype permesinan. Sebagai pemandu wisata sebelumnya mahasiswa akan di berikan materi dan diajarkan bagaimana berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik kepada pengunjung, sehingga pengunjung dapat memahami materi yang di berikan oleh mahasiswa.

Kedua, Kegiatan Inkubasi Bisnis membantu para pengusaha baru atau yang sedang berkembang untuk mengembangakan ide bisnis yang berjalan. Kegiatan inkubasi bisnis ini, diharapkan mampu mempertemukan pelaku bisnis dengan konsumen dan investor. Kegiatan Mahasiswa dalam bidang ini untuk membantu inkubasi bisnis mendaftar tenant- tenant yang ada di Badan Riset Inovasi Daerah dan membuat profil dari tenant tersebut setelah itu melakukan kunjungan ke tenant untuk di mewawancarai dan mengambil dokumentasi berupa foto.

Kegiatan Magang mahasiswa Sosiologi ini dilakukan selam 30 hari yaitu dari tanggal 15 Februari – 15 Maret 2024.(albn/advetorial)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles