26.5 C
Mataram
Tuesday, March 5, 2024
spot_img

Manfaatkan Serbuk Kayu, Mahasiswa KKN Unram Olah Menjadi Boneka Horta

Loteng, MEDIA- Mahasiswa KKN Tematik Unram, tepatnya di Desa Tampak Siring Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah telah mengajarkan anak-anak di sekolah membuat boneka horta. Tujuan dari diadakannya Program Kerja ini ialah untuk meningkatkan kreatifitas dan pemahaman anak mengenai pemanfaatan limbah kayu agar bisa diolah kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna. Kegiatan dari mahasiswa KKN Tematik Unram ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Juli 2022 tepatnya di SD Beneng Desa Tampak Siring pada pukul 09.00 WITA.

Lokasi dari pelaksanaan Program Kerja ini sangat dipertimbangkan sesuai dengan survey yang telah dilakukan oleh para Mahasiswa KKN Tematik Unram di Desa Tampak Siring. Dimana dalam pelaksanaan Pembuatan Boneka Horta ini yang menjadi sasaran utamanya ialah Kelas V yang beranggotakan 36 siswa/siswi. Sasaran yang dituju oleh Mahasiswa KKN Tematik Unram ini ditujukan kepada siswa/siswi yang cukup paham akan berkreatifitas dan lebih mudah diatur. Pelaksanaan dari boneka horta tersebut sudah ditetapkan sesuai dengan arahan dari PPL dan Kepala Desa Tampak Siring itu sendiri. Ide dari Mahasiswa KKN Tematik Unram ini diterima oleh PPL dan cocok untuk di realisasikan di Dusun Gubuk Belimbing.

Saat mulainya kegiatan dari Pembuatan Boneka Horta tersebut, terlihat banyaknya siswa/siswi yang sangat antusias dalam mengikuti Program dari Mahasiswa KKN Tematik Unram. “anak-anaknya tertib, disiplin, dan mudah diatur sehingga Program Kerja dari kami terlaksana dengan sangat baik dan teratur” ujar salah satu mahasiswa KKN Tematik Unram di Desa Tampak Siring bernama Muhammad Rozi. Pelaksanaan dari Boneka Horta ini  sangatlah menjadi sorotan bagi para siswa/siswi disana. Terutama pada saat pembagian alat dan bahan yang dibutuhkan dalam melakukan pembuatan boneka horta ini. Pelaksanaan Program Kerja KKN Tematik Unram ini dilakukan di dalam ruangan kelas dikarenakan untuk mempermudah dalam pembuatan boneka horta.

Mahasiswa KKN Tematik Unram yang beranggotakan 10 orang tersebut telah melaksanakan salah satu Program Kerja nya sesuai dengan apa yang telah mereka targetkan. Dimana goals atau target yang telah dibuat tersebut terlaksana. Sehingga apa yang telah terlaksana pada hari Kamis, 14 Juli 2022 tersebut menjadi headline utama dari artikel ini. Dikarenakan Program Kerja ini sangatlah membantu dalam mengasah kreatifitas dari siswa/i SD Beneng itu sendiri. Selain itu juga dengan judulnya yang cukup menarik yaitu dengan menggunakan serbuk kayu ini menjadi salah satu daya tarik dari Program Kerja yang dilaksanakan oleh Mahasiswa KKN Tematik Unram.

Setelah diadakannya Program Kerja ini Mahasiswa KKN Tematik Unram mengharapkan agar apa yang menjadi target utama nya tercapai, yaitu mengenalkan bagaimana pemanfaatkan limbah serbuk kayu menjadi media tanam yang bisa tumbuh berupa rumput kepada anak-anak di SD Beneng. Selain itu, dengan adanya kedatangan KKN Tematik Unram di SD Beneng ini membuat mahasiswa, guru serta murid saling bersinergi dalam bermasyarakat. (spt/adv)

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles