25.5 C
Mataram
Thursday, May 23, 2024
spot_img

Teknologi Dan Masa Depan Manusia

oleh :Armanul Alim

 Seperti yang kita ketahui bersama kita hidup di era dimana kita sebagai manusia, seolah bersaing dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang pesat. Karna terjadinya Revolusi industri 4.0 telah mengubah ritme perkembangan teknologi dunia. Salah satu evolusi yang paling besar saat ini adalah robot Sophia. Robot Sophia dapat melakukan hampir semua pekerjaan yang kita perintahkan, atau bahkan bisa berbincang dengan manusia.

Perkembangan teknologi memungkinkan banyak dari para pekerja kehilangan pekerjaannya hampir di semua aspek kehidupan manusia, karna di gantikan oleh teknologi-teknologi yang di ciptakan sekarang seperti kasir,bahkan sektor pertanian, misalnya mesin penanam dan pemanen padi, penyemprotan pestisida dengan memanfaatkan teknologi drone dan masih banyak lagi.

Seperti yang sedang hangat-hangat di perbincangkan sekarang adalah terciptanya Artificial Intelligence atau kerap dikenal dengan AI (kecerdasan buatan). Ini salah satu teknologi yang terlahir di tengah-tengah masyarakat hari ini, yang bertujuan untuk menyamakan kecerdasan manusia yang diproses oleh mesin atau berbentuk sebuah robot untuk membantu aktifitas manusia sehari-hari. Sudah tidak lagi menjadi perdebatan, bahwa kemajuan teknologi telah masuk ke hampir seluruh aspek kehidupan kita. Dengan begitu apakah kita sebagai manusia akan segera tergantikan oleh teknologi /robot?

Sebenarnya situasi ini sudah di jelaskan oleh Yuval Noah Harari dalam buku Homo Deus, dia menjelaskan bahwasanya akan ada peradaban yang di dominasi oleh teknologi kemungkinan yang akan terjadi di masa depan, manusia seperti menjadi dewa buatannya sendiri.Selain itu Yuval Noah Harari mengatakan bahwa kemungkinan terjadinya integrasi diri manusia dengan mesin untuk menjadi robot bisa jadi hal yang memang akan terjadi.

Bukan hanya itu, dampak karna kemajuan teknologi akan berpengaruh negatif
pada aspek sosial budaya dengan Kemerosotan moral di kalanganan
masyarakat, khususnya di kalangan
remaja dan pelajar. Pola interaksi antar manusia yang berubah karna adanya teknologi semakin jarang manusia bersilaturahmi karna adanya smartphone dan masih banyak lagi. Banyak ahli komputer & teknologi, serta ilmuwan seperti Alan Turing, I.J. Good, Stephen Hawking, Marvin Minsky, Bill Gates, Elon Musk, Stuart Russell, Peter Norvig,. Mengatakan bahwa perkembangan teknologi AI ini perlu diawasi, karena berpotensi untuk merugikan manusia di kemudian hari. Potensi kerugian manusia akibat AI karena eksistensi manusia bisa punah karena di dominasi AI bahkan AI bisa lebih terlalu pintar sehingga memperbudak manusia itu sendiri. Inilah dampak dari pesatnya perkembangan teknologi sehingga yang dulu menjadi alternatif bagi manusia sekarang berdampak menggeser posisi manusia sedikit demi sedikit.

Tidak tertutup kemungkinan manusia akan tersingkir dengan muncul dan berkembangnya teknologi di masa yang akan datang namun, Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terdapat beberapa keterampilan pada manusia yang tidak mudah digantikan oleh mesin, misalnya empati, kreativitas, dan keahlian analitis atas masalah yang bersifat kompleks.

Dengan itu kita sebagai manusia harus pintar dan bijak menyikapi situasi yang ada, ini adalah keharusan bagi kita manusia untuk beradaptasi dengan situasi yang ada kalaupun tidak mampu beradaptasi kita akan ketinggalan zaman dan sedikit demi sedikit akan menjadi budak dari teknologi. Oleh karena itu, dampak yang timbul sebagai akibat dari kemajuan teknologi menjadi kewajiban bersama umat manusia untuk mengatasinya.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles