26.5 C
Mataram
Monday, July 22, 2024
spot_img

Timdiksi Nasional 2020 Diadakan Secara Online dan Istimewa

Media Unram – Untuk meningkatkan silaturahmi antar mahasiswa Bidikmisi se-Indonesia. Juga, sebagai sarana mengembangkan potensi diri, Departemen Prestasi Forum Mahasiswa Bidikmisi (Formadiksi) Universitas Mataram (Unram) mengadakan kegiatan Timdiksi Nasional 2020. Kali ini dilaksanakan secara online.

Ketua panita, Hamzani menjelaskan, kegiatan yang digelar pada 10-14 September ini bertepatan dengan satu dekade berdirinya bidikmisi.
“Kami mengangkat tema ‘Mahakarya Satu Dekade Bidikmisi Menuju Indonesia Emas 2045’. Karena pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan satu dekade,” katanya dalam sambutan.

Kemudian, lanjut Hamzani, pelaksanaan Timdiksi Nasional tahun ini lebih istimewa dari tahun sebelumnya. Karena menghadirkan dan memberikan penghargaan kepada mahasiswa Bidikmisi berprestasi Unram.

Ketua Panitia, Hamzani saat memberikan sambutan. (MD/Ist)

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari, 10-14 September ini juga terdapat berbagai seminar nasional. Wakil Rektor (WR) Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unram, pembina formadiksi, Kasubag bagian Kesejahteraan Mahasiswa, juri setiap cabang lomba, alumni dan senior bidikmisi, para nominasi bidikmisi awards, dan ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) se-Unram.

“Sedangkan para finalis setiap cabang lomba mengikuti kegiatan secara online melalui aplikasi zoom yang juga dapat disaksikan langsung melalui Youtube Formadiksi Unram,” lanjut Hamzani.

Hamzani juga menjelaskan tujuan kegiatan ini. Berikut pemaparannya:

1. Menjalin silaturrahim antar mahasiswa bidikmisi Universitas Mataram dengan mahasiswa Bidikmisi di Indonesia melalui Kompetisi Karya Ilmiah.
2. Menjalin silaturahim Universitas Mataram dan perguruan tinggi negeri maupun swasta penerima bidikmisi se-Indonesia.
3. Meningkatkan kemahiran, kecakapan, dan kreativitas mahasiswa bidikmisi dalam bidang kepenulisan.
4. Menumbuhkan semangat berdaya saing mahasiswa bidikmisi.

Sementara itu, WR III Unram, Enny Yuliani mengatakan, Bidikmisi telah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi.

“Serta menciptakan mahasiswa-mahasiswa yang produktif dan mandiri,” katanya dalam sambutan Seminar Nasional dengan tema “Optimalisasi Peran Mahasiswa Bidikmisi Melalui Pendidikan Berkualitas Di Era New Normal Guna Mewujudkan Indonesia Emas 2045” di depan 742 peserta.

Setelah itu, pemotongan tumpeng yang diikuti pmbina Formadiksi Unram, Oryza Pneumatica Inderasari

Bapak Bidikmisi sekaligus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014, Mohammad Nuh DEA juga mengisi kegiatan ini secara daring.

“Acara Seminar Nasional ini juga diisi oleh Bapak Bidikmisi yakni Prof. Dr.Ir Mohammad Nuh DEA yang juga merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2009-2014 dan Alumni Bidikmisi Unram angkatan pertama,” ungkap Fauzin selaku Ketua Umum Formadiksi dalam sambutannya.

Selanjutnya, acara seminar nasional melalui zoom di mulai oleh Fitria Tisa Oktavia, Ph.D (Cand), alumni Bidikmisi Unram tahun 2010.

Kemudian diisi oleh Mohammad Nuh, DEA. Dia menjelaskan, esensi pendidikan adalah belajar. “Pendidikan adalah sistem rekayasa sosial terbaik dan teruji untuk meningkatkan kesejahteraan, keharkatan, dan kemartabatan” katanya.

Acara ditutup dengan persembahan video kolaborasi silat mahasiswa Bidikmisi dan tarian pasga MA NW Aik Ampat. (Lnf)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles