25 C
Mataram
Thursday, June 13, 2024
spot_img

Tingginya Angka Pernikahan Dini, Mahasiswa Adakan Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Dini

Lombok Timur, MEDIA – Tingginya angka pernikahan dini Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mataram (Unram) mengadakan sosialisasi pencegahan pernikahan usia dini (31/1) lalu.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Desa Aikprapa, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur ini merupakan upaya untuk mencegah dan menurunkan persentase angka pernikahan dini yang terjadi di daerah tersebut. Sosialisasi ini ditujukan terutama kepada siswa SMA yang ada di Pondok Riyaduh Falah.

Selain itu, sosialisasi ini juga dilakukan karena melihat kondisi pernikaham dini yang cukup tinggi akibat banyaknya remaja yang putus sekolah dan rendahnya tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat daerah tersebut.

Terjadinya pernikahan dini juga tidak terlepas dari tradisi dan pandangan masyarakat terhadap sebuah keluarga.

Sosialisasi dilakukan dengan memberikan pemahaman terhadap pemuda khususnya pelajar tentang dampak dari pernikahan dini baik dari segi kesehatan maupun kualitas hidup seseorang.

Dalam hal ini, mahasiswa KKN Desa Aikprapa berperan sebagai motivator dan perantara bagi kedua pemateri, yaitu perwakilan puskesmas, Vindi Vidya Vitri Ayu dan perwakilan BKKBN (GenRe), Dina Uswatun Hasanah.

Sosialisasi ini juga turut mengundang aparat desa dan ketua karang taruna serta pemuda-pemudi desa Aiprapa.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles