24.5 C
Mataram
Monday, June 17, 2024
spot_img

Kemana Eksistensi BEM Faterna Unram Sekarang?

Oleh: Yudiatna Dwi Sahreza (Ketua DPM Faterna Unram)

Melihat situasi dan kondisi Fakultas Peternakan (Faterna) Universitas Mataram (Unram) saat ini, dirasa sangat memperihatinkan. Permasalahan–permasalahan yang dirasakan oleh mahasiswa tidak pernah terkuak kembali, pasalnya ketika pada pergulatan politik kampus 5 bulan sebelumnya menimbulkan konflik yang cukup sengit. Adu argument, pertarungan visi misi hingga janji-janji paslon menggiurkan untuk dipilih. Namun sebaliknya saat ini BEM Faterna sedang sibuk mengurusi internalnya dan kepentingan/isu di luar dari fakultas, sedangkan keluhan dari mahasiswa Faterna secara umum enggan untuk ditindak lanjuti. Sudah selayaknya kami selaku Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Faterna mengintervensi bahwa kondisi fakutas kita sedang tidak baik-baik saja. Organisasi Mahasiswa (Ormawa) membutuhkan keterlibatan BEM Faterna untuk mendukung Program Kerja (Proker) agar berjalan secara maksimal. Di samping itu, persoalan akademik, kemahasiswaan hingga ormawa menarik sekali untuk dikaji, diskusi dan dieksekusi sebab kepengurusan BEM sekarang sudah menginjak 6 bulan berjalan dengan progres yang belum maksimal sehingga membuat kepercayaan mahasiswa menurun (sumber: Komisi II Pengawasan DPM Faterna).

Merujuk pada Buku Pedoman dan Prosedur Operasional Baku (POB) Penyelenggaraan Kegiatan Kemahasiswaan Fakultas Peternakan, BAB III tentang Tugas Pokok dan Fungsi Ormawa, BEM Fakultas memiliki tupoksi merencanakan, melaksanakan dan mengkoordinasikan Program Kegiatan Kemahasiswaan di tingkat fakultas namun pada realitanya belum dilaksanakan secara maksimal sehingga birokrasi memanfaatkan keadaan ini untuk tidak mau tahu tentang permasalahan mahasiswa yang sebenarnya terjadi. Hal ini sangat disayangkan apabila dibiarkan terus-menerus. Padahal, BEM memiliki jajaran fungsionaris yang mempuni di bidangnya masing-masing tetapi mengapa hal ini terjadi demikian? Kemana Taring BEM Sekarang? Masihkah layak BEM disebut eksekutor?

Jika kita melirik program kerja BEM sebelumnya harusnya BEM yang sekarang ini jauh lebih berprogres karena secara tidak langsung output dari Training Eksekutif Muda/Magang BEM tahun 2021 dapat diandalkan karena sepak terjang mengenai BEM sudah didapatkan namun lagi-lagi belum menuai hasil yang maksimal. Secara empiris, masih belum terbentuk chemistry antar anggota mengakibatkan ketidakkompakan BEM untuk menjawab permasalahan-permasalahan yang terjadi. Ketidakkompakan BEM ini saya rasa dapat dikombinasikan dengan terus selalu meningkatkan komunikasi baik antar anggota biasa maupun Badan Pengurus Harian (BPH). Sehingga harapannya, BEM selalu totalitas dalam berjuang dan terus berbenah diri untuk masa depan serta kesejahteraan mahasiswa.

Media
Mediahttps://mediaunram.com
MEDIA merupakan unit kegiatan mahasiswa (UKM) Universitas Mataram yang bergerak di bidang jurnalistik dan penalaran.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

20,000FansLike
1,930FollowersFollow
35,000FollowersFollow

Latest Articles